4 LANGKAH PROSES PUBLIC RELATION

23.42.00




1. Define the problems
Seorang PR harus bisa menjadi seorang intelejen perusahaan guna mengetahui permasalahan dan data yang diperlukan untuk mengetahui situasi perusahaan/organisasi saat ini. Untuk mengetahui keadaan perusahaan saat ini, salah satunya adalah dengan melakukan riset. Riset dapat dilakukansecara informal dan formal. Metode informal dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengontak informan yang dibutuhkan, melakukan focus group discussion, melakukan analisis online, dan lainnya. Sedangkan riset formal dapat dilakukan dengan mengkaji database online, menganalisis isi wacana, maupun melalui survey. Biasanya, setiap riset digunakan untuk melengkapi data yang ada dan menemukan situasi perusahaan terkini dan masalah yang perlu diatasi guna memberikan citra yang baik.
2. Perencanaan dan Pemrograman
Setelah menemukan data dan permasalahan dari perusahaan/organisasi, maka diperlukan strategi dan cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Strategi yang dibuat haruslah tepat, jangan sampai strategi membuat langkah yang salah dan membuat permasalahan komunikasi yang baru bagi perusahaan, atau bahkan krisis di perusahaan tersebut. Strategi yang telah disusun kemudian diturunkan melalui berbagai program atau aktivitas yang dapat dilakukan secara konkret. Perencanaan yang dilakukan dapat meliputi misi dan peran, indikator keberhasilan, menentukan target audience, budgeting, timeline, dan aksi secara lebih rinci.

Menuliskan rencana PR sebagai kerangka kerja untuk menilai beragam situasi PR dengan:
1. Merumuskan tujuan.
2. Merumuskan target audien /  publik.
3. Menyusun tujuan pada audien.
4. Menyusun taktik.
5. Menyusun strategi.
6. Menyusun aktivitas.
7. Standar evaluasi.
8. Menyusun material.
9. Perencanaan anggaran.

10. Penjadwalan dan daftar kegiatan.

3. Eksekusi Strategi dan Program
Langkah ketiga dalam Manajemen PR adalah mengimplementasikan perencanaan strategi yang telah disusun. Dalam eksekusi program, PR harus bisa membingkai pesan yang ingin disampaikan sehingga mudah diterima oleh target audience. Tentunya, aksi, strategi maupun program yang dilakukan harus responsif terhadap permasalahan. Program yang dilakukan pun harus terkoordinasi dengan baik guna mencapai hasil yang diinginkan. Rencanakan program anda sebaik mungkin, jangan lupa siapkan Plan B jika hasil tidak sesuai ataupun proses tidak berjalan sesuai rencana.
4. Evaluasi Program
Proses Manajemen PR tidak hanya berhenti sampai perencanaan strategi dan implementasi program, namun membutuhkan proses evaluasi untuk mengukur keberhasilan program yang dilakukan. Dalam proses evaluasi, selain memungkinkan praktisi untuk menilai efektivitas program PR yang sudah dilakukan,evaluasi juga membantu dalam menyusun perencanaan strategi dan program selanjutnya. Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melaksanakan riset evaluasi. Riset dilakukan untuk mengukur proses yang sudah dilakukan dengan standar indikator yang ditetapkan di awal perencanaan strategi.

ROPE SEBAGAI PENDEKATAN STRATEGIS PENYELESAIAN MASALAH PR

ROPE dikembangkan oleh Jerry Hendrix.
1. Research : penelitian dengan menidentifikasi publik yang memiliki masalah atau berpotensi bermasalah untuk dicarikan penyelesaiannya.
2. Objectives : menyusun tujuan program untuk penyelesaian masalah.
3. Programming : berisi program dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan.
4. Evaluation : meliputi kegiatan penyesuaian dan monitoring prosedur dan program yang sedang berjalan serta mengevaluasi keberhasilan dari seluruh proses dan pencapaian tujuan.




  • Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glen M. Broom. 2009. Effective Public Relations: Tenth Edition. United State of America: Prentice Hall
  • Dan, Lattimore; Baskin, Otis; Arronoff, Craig. 1997. Public Relations: The Profession and The Practice. United States of America: Brown & Benchmark Publishers
  • http://pride.co.id/2014/12/proses-manajemen-public-relations-mudahkah/
  • https://www.academia.edu/6509610/Proses_Public_Relations

You Might Also Like

2 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images